Ini contoh untuk Bab 3 di Karya Tulis Ilmiah.
Semoga bermanfaat :D
BAB 3
METODE PENELITIAN
3.1 Jenis dan Desain Penelitian
Jenis penelitian yang kami gunakan adalah dengan
mencari sumber dari buku atau internet dan melalukan penelitian langsung kepada
siswa kelas 11 untuk mengetahui berapa persen ketimpangan di SMA Negeri 18 Bandung.
3.2 Tempat dan Waktu Penelitian
Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 18 Bandung.
Waktu penelitian dilaksanakan Senin, 13 Maret 2017 sampai Rabu, 15 Maret 2017.
3.3 Sumber Data
3.3.1 Populasi
Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah
seluruh siswa kelas 11 di SMA Negeri 18 Bandung yang dipilih secara acak sebanyak 70
orang.
3.3.2 Sampel
Sampel adalah bagian populasi yang akan diteliti
atau sebagian jumlah dari karakteristik yang dimiliki oleh populasi (Hidayat,
2007). Besar sampel diperoleh dengan menggunakan rumus:
20% x populasi
3.4 Teknik Penelitian
Teknik yang
akan digunakan dalam penelitian ini adalah
teknik sampling secara stratified propotional
random sampling, yaitu pengambilan sampel yang menggunakan lebih dari satu
teknik yakni berstrata, proposi dan acak (Arikunto, 2006). Dimana pengambilan
sampel ini dilakukan secara propotional sampling yaitu pengambilan sampel
secara propotional berdasarkan jumlah kelas di SMA Negeri 18 Bandung ,
sehingga sampel yang digunakan diperoleh merata.
3.5 Instrumen
Penelitian
Instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner.
Kuesioner ini dibuat oleh peneliti sendiri mengacu pada tinjauan teori yang
telah ada. Dengan cara pengisian kuesioner dengan 20 pertanyaan.
3.5.1 Pengetahuan
Data tentang pengetahuan responden dikumpulkan untuk
menggambarkan kuesioner tertutup, skala yang digunakan dalam penelitian ini
adalah skala Guttman. Skala ini merupakan skala yang bersifat tegas dan
konsisten dengan memberikan jawaban yang tegas seperti jawaban dari pertanyaan/
pernyataan : ya dan tidak, Skala Guttman ini umumnya dibuat seperti checklist dengan
interpretasi penilaian, tetapi kami membuat
bentuk pilihan ganda.
3.5.2 Sikap
Data tentang sikap responden dikumpulkan untuk
menggambarkan kuesioner tertutup berdasarkan skala Likert. Untuk yang bersifat
mendukung (favourable) dan tidak mendukung (unfavourable).
3.6 Teknik
Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti
adalah menggunakan data primer yaitu data dikumpulkan sendiri oleh
peneliti dari yang sebelumnya tidak ada, dan tujuannya disesuaikan dengan
keperluan penelitian yang ditujukan langsung pada siswa kelas 11 itu di SMA Negeri 18 Bandung.
3.7 Teknik
Pengolahan Data
Data yang terkumpul sering kali masih merupakan
bahan-bahan yang kasar (data
mentah) yang perlu diolah terlebih dahulu. Agar analisis penelitian
menghasilkan informasi yang benar, paling tidak tiga tahapan dalam pengolahan
data yang harus dilalui, yaitu :
1.
Editing
Suatu data yang dikumpulkan dari pencatatan yang
telah ada, kemudian diperiksa kelengkapannya pada setiap data dengan proses
editing.
2.
Tabulating
Setelah serangkaian tahapan yang dilakukan, kemudian
dilanjutkan dengan menusun atau menghitung data dengan melihat data yang telah
terkumpul lalu disajikan kedalam tabel distribusi frekuensi.
3.8 Analisis Data
Analisa data dalam penelitian ini adalah menyebarkan angket ke 70 siswa kelas 11 di SMA Negeri 18
Bandung, yang nantinya akan dapat dipergunakan
sebagai tolak ukur untuk pembahasan dan kesimpulan.
Untuk penjelasan, tujuan, dan manfaat karya tulis bisa dilihat di link ini KARYA TULIS ILMIAH
Untuk sistematika penulisan dan contoh karya tulis ilmiah bisa dilihat di link ini SISTEMATIKA
Untuk contoh angket bisa dilihat di link ini ANGKET
Untuk sistematika penulisan dan contoh karya tulis ilmiah bisa dilihat di link ini SISTEMATIKA
Untuk contoh angket bisa dilihat di link ini ANGKET
Tidak ada komentar:
Posting Komentar